Menumbuhkan Karakter dan Budi Pekerti dengan SmartTren

Menumbuhkan Karakter dan Budi Pekerti dengan SmartTren

Radarcirebon.com - Guna membentuk generasi beriman dan bertakwa yang ditandai dengan kecerdasan sikap, pengetahuan, dan keterampilan, Dinas Pendidikan Jawa Barat meluncurkan progam “Milenial SmartTren Ramadhan”.

Program ini bertujuan untuk memberikan pengajaran keagamaan selama bulan suci Ramadhan kepada siswa SMA/SMK/SLB dan Madrasah Aliyah/Biro Adpim Jabar.

Dengan itu, SMA Negeri 7 Kota Cirebon telah melaksanakan kegiatan ini sejak 11 April kemarin dan akan berakhir di tanggal 22 April 2022. Kegiatan ini tidak memiliki ketua pelaksana, sebab seluruh guru agama Islam di SMA Negeri 7 berperan sebagai leading-nya, yang menjadi penanggung jawab. Sasaran kegiatan tersebut yaitu siswa-siswi kelas 10 & 11 SMA Negeri 7 Cirebon.

Dengan tema “Menumbuhkan budi pekerti di antara siswa agar jadi lebih baik lagi”, kegiatan ini bertujuan ingin membuktikan dan menunjukkan bahwa kita bersungguh-sungguh dalam rangka menyambut Ramadhan. Lantas mengajak seluruh siswa untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadhan yang penuh berkah.

BACA JUGA:

Salah seorang guru menuturkan bahwa dalam kegiatan ini ada 2 sasaran yang ingin dicapai dalam rangka pembentukan karakter siswa. “Yang pertama, dalam SmartTren ini kita ingin mencoba lebih mengintensifkan lagi. Dan lebih menyegarkan lagi kecintaan kita terhadap Islam.

Yang kedua, ingin mencoba mengakomodir semua kegiatan yang dilakukan siswa tersebut direkam dalam buku laporan Amaliah Ramadhan. Selain mendapatkan nilai dari guru agama, mereka juga telah menjadi umat yang bertakwa serta umat yg akan mendapat syafaat Kanjeng Nabi dan dapat meraih keutamaan Ramadhan,” ujarnya.

Secara garis besar ada 2 kegiatan utama. Kegiatan yang bersifat klasikal, yaitu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dengan belajar pengetahuan agama. Lalu, kegiatan di luar klasikal, yaitu penumbuhan karakter, budi pekerti. Misalnya kegiatan sholat Zuhur, sholat Dhuha, tadarus, dan hafalan Alquran di masjid.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: